Dalam rangka mengisi liburan lebaran, Rumah Baca “Teratai” kampung Sangkrah Solo mengadakan Workshop Sehari Citizen Jurnalisme. Pemberi materi workshop ini adalah Nugroho Arif aktivis dan LSM di Papua, Wahyu Widhi photografer landscape, pemilik situs Landscape Indonesia, photografer National Geographic Indonesia dan beberapa majalah terkenal di Indonesia, Irwan Firdaus seorang aktivis dan mantan wartawan Associated Press (kantor berita Amerika).

Pada workshop sehari ini, anak anak rumah baca diberi pengetahuan dasar tentang prinsip prinsip photografi, bagaimana mencari berita, menentukan sebuah tema sebelum diangkat sebagai berita, mencari narasumber sebuah berita, penulisan berita yang baik dan lain sebagainya. Anak anak tidak hanya diberikan materi tentang citizen jurnalisme tetapi juga untuk praktek langsung mencari berita dan photo pendukung dari berita yang di angkat.

Setelah di beri waktu sekitar satu jam untuk mencari berita, anak anak diminta untuk menulis berita yang diperoleh dan mempresentasikan langsung kepada semua peserta. Dari ketiga pemberi materi anak anak langsung diberikan masukan baik itu tentang kelebihan dan kekurangan tentang tema, berita yang ditulis dan photo pendukung dari berita yang disampaikan tersebut.

Dari hasil workshop sehari tentang citizen jurnalisme ini, rumah baca berencana akan membuat sebuah portal berita online dan buletin. Khusus untuk pembuatan portal berita online, kami sudah berkomunikasi dengan mas Deni Fibrata, pakar komunikasi teknologi lulusan BINUS Jakarta, untuk dibuatkan sebuah sistem portal berita.

Anak anak rumah baca pada saat ini tertarik untuk membuat buku tentang sejarah kampung. Langkah langkah yang telah dilakukan antara lain : menemui para sesepuh kampung dan mewancarainya, mendatangi perpustakaan keraton solo dan radya pustaka untuk mendapatkan referensi data, mengumpulkan photo photo kampung jaman dahulu, dan lain sebagainya. Hingga saat ini proses collecting data masih berlangsung. Baik buruk perkembangan kampung Sangkrah akan dituliskan anak anak ke dalam bentuk buku.

Previous post

Pelatihan dan Pengembangan Kewirausahaan Airbrush

Next post

Nonton bareng film anak dan pembagian gizi untuk anak

admin-web