Teater anak yang kami bentuk ini kami beri nama Teater Anak “Semut Abang”. Kita mengambil logo binatang semut karna semut adalah binatang kecil yang berkoloni sebagai makhluk sosial, bahu membahu di dalam mengatasi permasalahan hidup, ramah ketika berpapasan, tidak mudah putus asa, pekerja keras dan kata abang sendiri yang di dalam bahasa indonesia adalah warna merah yang berarti berani.

Teater anak ini merupakan salah satu dari program Rumah Baca “Teratai” dalam rangka pembentukan karakter anak melalui kesenian. Mengingat saat ini perkembangan teknologi yang begitu pesat serta derasnya arus globalisasi sudah mencapai titik memprihatinkan bagi pertumbuhan anak anak. Anak anak membutuhkan sebuah wadah atau suatu kegiatan untuk mereka tumbuh, berekpresi dan mengaktualisasikan diri dengan baik.

Pembentukan teater anak semut abang ini baru saja kami lakukan karena kami sempat mengalami kesulitan di dalam mencarikan instruktur teater untuk anak anak. Perjalanan panjang kami di dalam mencari instruktur teater anak mempertemukan kami dengan mas Oke yang ternyata juga dahulu pernah menjadi instruktur karawitan anak anak di kecamatan Pasar Kliwon Solo.

Rencana rencana ke depan yang telah kami buat khusus untuk anak anak dari program teater anak ini antara lain :

  • Kami akan mengadakan pertunjukan gratis di area Car Free Day jalan Slamet Riyadi Solo, komplek Taman Balai Kambang Solo atau di seputar komplek stadion Manahan Solo yang kami rencanakan sebulan sekali.
  • Dalam kurun waktu tertentu kami akan mengadakan pertunjukkan keliling kampung kampung dengan tujuan mengembalikan kesenian ke tengah tengah masyarakat.
  • Kami juga berencana akan mengadakan festival teater anak enam bulan sekali. Festival ini kami akan mengumpulkan beberapa teater anak di seputar kota Solo dan kami buat pertunjukan ini gratis untuk masyarakat.
  • Dalam waktu dekat ini kami sedang mengkonsep untuk mendokumentasikan lagu dolanan (dolanan=permainan) anak ke dalam bentuk video cd karaoke. Ide ini keluar karna pada saat ini anak anak sudah tidak lagi mengenal lagu lagu dolanan anak jaman dahulu dan anak anak pada saat ini hanya bisa menyanyikan lagu lagu dewasa. Lagu dolanan anak jawa ini sebenarnya mengandung ajaran yang sangat tinggi. Untuk video cd karaoke lagu dolanan anak ini akan kami bagikan gratis ke anak anak.
  • Membuat film indie lagu musikalitas anak anak yang akan kami ikutkan ke festival film indie nasional.
  • Mengadakan kompetisi dolanan (permainan) anak tingkat kota Surakarta di alun alun kidul keraton Surakarta.
Previous post

Kidung Surakartan

Next post

Pelatihan Musik Vocal

admin-web