Sejak berdirinya hingga hari ini telah bergabung banyak volunteer yang sangat peduli pada gerakan mencerdaskan masyarakat yang dilaksanakan oleh rumah baca. Berbagai latar belakang kehidupan menyatu ke dalam tujuan yang sama. Semua orang bisa melakukan sebuah kebaikan. Berbagi tidak harus menunggu kita mampu. Berbagi tidak juga harus ke dalam wujud materi. Berbagi bisa juga ke dalam yang sangat sederhana sekalipun seperti berbagi pengetahuan, wawasan dan  ilmu juga bagian dari wujud berbagi dalam kebaikan yang sangat luar biasa. Berbagi kebahagian dan kegembiraan juga wujud dari spirit berbagi kepedulian kepada sesama.

Gerak yang sangat luar biasa rumah baca selama ini tidak luput dari pribadi pribadi luar biasa tersembunyi yang selama ini terus berperan di belakang rumah baca. Wujud kepedulian yang tidak mau ter-ekspose apa yang telah dilakukan selama ini kepada rumah baca. Meskipun ada yang bergerak secara pribadi di belakang rumah baca ada pula yang hadir secara nyata datang ke rumah baca memberikan sumbang sih nya secara langsung kepada masyarakat.

Rumah baca merupakan wujud nyata sekumpulan kebaikan kebaikan yang terakumulasi dari berbagai arah baik secara pribadi, organisasi, komunitas dan lain sebagainya yang datangnya tidak hanya dari belahan nusantara tercinta ini tapi juga ada yang dari manca negara seperti dari negara Denmark, Amerika, Norwegia dan Hongaria. Rumah baca adalah rumah bagi kebaikan yang tidak lagi mempermasalahkan apa agamanya, apa sukunya, apa ras nya, apa bangsa nya. Seperti yang pernah di ungkapkan oleh Bapak Bangsa Gus Dur, “Tidak penting apa pun agama atau sukumu, kalau kamu bisa melakukan sesuatu yang baik untuk semua orang, orang tidak pernah tanya apa agamamu”.

Beberapa hari yang lalu, Orang Muda Katolik (OMK) lingkungan St. Antonius Sumber Solo dari Paroki St. Paulus Kleco Solo bersama sama dengan mbak Indah Mahanani dan Mbak Neny Setyawan keluarga mendatangi rumah baca dan berbagi kebahagiaan dan kegembiraan kepada anak anak kampung Sangkrah. Anak anak di ajari bernyanyi dalam gerak, sangat terlihat anak anak kampung Sangkrah sangat antusias bernyanyi dan bergembira bersama sama, main tebak tebakan yang bisa menjawab dikasih bingkisan buku dan alat tulis. Anak anak benar benar gembira dan bahagia dibuatnya.

Setelah selesai bernyanyi dilanjutkan dengan story telling atau mendongeng  yang disampaikan oleh mbak Neny Setyawan. Penyampaian cerita pun dengan peragaan yang sangat menarik anak anak mendengarkan. Cerita yang disampaikan mengandung pesan kepada anak anak agar saling menghargai perbedaan, saling menghormati kepada sesama dan toleransi. Sebuah pesan yang indah dan disampaikan dengan cara yang mudah dimengerti oleh anak anak. Penyampaian pesan dengan cara mendongeng ini sangat baik di dalam pembentukan karakter anak anak.

Di akhir acara anak anak di ajak bernyanyi dan sambil ular ularan yang kemudian masing masing diberi bingkisan lagi. Kami dari rumah baca mengucapkan terima kasih atas perhatian dan kepedulian akan tumbuh kembang khususnya di dalam pembentukan karakter. Kami ucapkan terima kasih yang tak terhingga atas kebahagiaan dan kegembiraan yang telah diterima oleh anak anak kampung Sangkrah Solo.

 

Maturnuwun

 

Previous post

Aksi Sosial Bagi Nasi Bungkus dan Selimut

Next post

Workshop Batik Jumputan

admin-web