Pada tanggal 31 Agustus 2014, Rumah Baca “Teratai” bekerja sama dengan Yayasan Lentera Solo dan Warga Peduli AIDS (WPA) kelurahan Surakarta mengadakan penyuluhan HIV/AIDS kepada warga kampung DadapSari RW.III Kelurahan Sangkrah Kecamatan Pasar Kliwon Kota Surakarta.

Acara yang dimulai jam 19.30 WIB di hadiri oleh warga Kampung Dadapsari Sangkrah, dari pihak WPA kelurahan Sangkrah dan perwakilan Yayasan Lentera Solo. Acara dibuka dengan kata sambutan dari Bapak Sutarjo Ketua RW.III, Ketua WPA Kelurahan Sangkrah dan Petugas dari Kepolisian.

Setelah selesai sambutan sambutan dari beberapa tokoh masyarakat, dilanjutkan dengan pemutaran film tentang HIV/AIDS. Pemutaran film ini menceritakan tentang kisah nyata dari penderita HIV/AIDS. Cerita film ini terbagi dari beberapa kisah penderita HIV/AIDS, dari masing masing cerita memberikan gambaran bagaimana si penderita ini terkena infeksi HIV/AIDS dan bagaimana mereka menjalani kehidupan mereka sehari hari.

Tentu dengan pemutaran film ini adalah untuk mengedukasi masyarakat tentang penyakit yang sangat mematikan ini, agar masyarakat mendapatkan gambaran langsung dari sumber cerita yang mengalami langsung dari si penderita. Pengetahuan mendasar tentang penyakit ini sangatlah diperlukan oleh masyarakat. Menurut data yang diberikan oleh mas Fauzi dan mas Mustofa dari Yayasan Lentera bahwa di Solo beberapa warga masyarakat telah terinfeksi oleh penyakit HIV/AIDS sehingga diperlukan penyuluhan seperti ini agar masyarakat memiliki pengetahuan tentang penyakit ini, cara cara penularannya melalui apa saja, cara pencegahannya dan apabila ada tetangga, teman, saudara terkena penyakit ini cara cara penangganannya bagaimana.

Tujuan diadakan acara ini untuk membentuk Warga Peduli AIDS, agar warga berperan aktif di dalam pencegahan penyebaran penyakit yang mematikan ini. Dari pihak Yayasan Lentera Solo dan WPA kelurahan Sangkrah juga menawarkan untuk memberikan TEST VISITY, sebuah test untuk mengetahui apakah seseorang positif atau negatif terkena virus HIV/AIDS. Test visity ini gratis akan biaya apapun dan kerahasiaan dari hasil ini terjaga, sehingga untuk pengambilan hasil test ini tidak dapat diwakili oleh siapapun. Test ini akan diadakan apabila minimal 30 orang warga masyarakat yang menghendaki untuk diadakan test visity, test akan diadakan pada hari kerja dan jam kerja.

Pada bulan September kemarin dari Rumah Baca “Teratai” kampung Sangkrah juga mengirimkan dua orang yaitu Danang Aji Utama dan Rommy Yunanto untuk menjadi Kader WPA (Warga Peduli AIDS). Acara pengkaderan warga peduli aids ini selama dua hari penuh. Dan untuk memperingati hari AIDS dunia pada bulan Desember 2014, Rumah Baca “Teratai” kampung Sangkrah turut berpartisipasi di dalam acara memperingati Hari AIDS Sedunia yang akan diadakan di hari Minggu pagi di acara Car Free Day jalan Slamet Riyadi Solo.

 

Previous post

Pelatihan Resin

Next post

Pelatihan Musik Perkusi dari Barang Bekas

admin-web