Kebudayaan pada masa kini mengalami pergeseran akibat derasnya arus globalisasi. Masyarakat khususnya generasi muda banyak yang menilai bahwa tatanan kehidupan berdasarkan kebudayaan lokal dinilai sudah kuno dan tidak modern. Lebih lanjut lagi, nilai nilai luhur yang terkandung dalam kebudayaan lokal sudah tidak lagi dimiliki khususnya oleh generasi muda. Adanya krisis nilai nilai luhur pada masa sekarang mendorong Rumah Baca “Teratai” untuk lebih peduli lagi akan kelestarian budaya warisan nenek moyang kita, oleh sebab itu maka rumah baca membuat langkah langkah pelestarian budaya kepada generasi penerus bangsa.

Salah satu langkah yang menjadi program pelestarian budaya khususnya kebudayaan jawa adalah melalui pengenalan seni musik karawitan atau seni musik gamelan jawa kepada usia anak anak, karna menurut kami, pengenalan kebudayaan usia dini adalah sangat penting. Mereka penerus generasi bangsa. Bangsa ini akan kehilangan karakter kebangsaannya ketika generasi penerusnya sudah tidak lagi mengenal kebudayaan asli bangsanya.

Untuk pelatihan seni karawitan ini kami bekerja sama dengan pihak kecamatan karena kecamatan memiliki alat gamelan satu set. Pelatihan seni karawitan ini di ikuti sangat antusias oleh anak anak. Pelatihan seni karawitan ini dilaksanakan seminggu sekali dengan mengambil lokasi di aula kecamatan Pasar Kliwon kota Surakarta.

Pelatihan yang diadakan di bulan Maret 2014 ini terpaksa kami hentikan setelah berjalan selama satu bulan. Kendala utama kami adalah transportasi yang mengangkut anak anak sebanyak 30 anak. Sebenarnya kami memiliki rencana besar dengan seni musik karawitan ini, rencana kami adalah menggabungkan seni karawitan dengan seni tari. Jadi tembang yang dilatih seni karawitan ini yang akan di gunakan untuk berlatih juga dengan seni tari tradisional. Setelah anak anak mahir memainkan alat musik karawitan dan menari tari tradisional, rencana kami akan mendokumentasikan ke dalam video cd. Jika memungkinkan akan kami buat video tutorial tari tradisional yang bisa diajarkan ke anak TK atau SD.

Ke depan apabila memungkinkan kami berencana untuk mempunyai peralatan karawitan sendiri sehingga anak anak bisa berlatih langsung di rumah baca.

Previous post

Internet untuk Rakyat

Next post

Pelatihan Bahasa Inggris

admin-web