Program pelatihan airbrush merupakan salah satu dari program pemberdayaan masyarakat yang dimiliki oleh Rumah Baca “Teratai” kampung Sangkrah Solo. Dengan melihat potensi dan bakat dari anak anak yang tergabung di dalam Rumah Baca “Teratai” yaitu di bidang seni lukis maka kami mencoba untuk mengembangkan bakat tersebut dengan mengadakan Pelatihan Airbrush.

Dengan di adakan pelatihan airbrush ini diharapkan para pemuda yang tergabung dalam rumah baca memiliki keahlian khusus sehingga mampu berdaya ditengah tengah masyarakat. Setelah pelatihan airbrush ini kami merencanakan akan mengembangkan kewirausahaan di bidang seni lukis airbrush.

Dalam pelatihan ini kami mendapat bimbingan dari praktisi airbrush yang berpengalaman selama lima belas tahun lebih. Karna menyangkut biaya pelatihan yang terbatas dari kami, maka kami hanya mengirim dua peserta yang mengikuti pelatihan airbrush ini yaitu saudara hendi dan sulih. Peserta ini yang mengikuti ini kami seleksi berdasarkan bakat melukis. Untuk sekedar informasi, remaja yang tergabung di dalam rumah baca yang memiliki bakat melukis sekitar 8 orang, dikarena untuk mengikuti pelatihan ini setiap peserta dikenakan tarif sebesar Rp. 1.000.000,- maka kami memutuskan untuk mengirim 2 orang yang mengikuti pelatihan airbrush selama dua bulan.

Selain beaya untuk peserta tersebut terdapat beaya peralatan yang kami harus penuh, antara lain spet airbrush dan kompresor serta bahan baku untuk pelatihan seperti cat, thinner, kanvas, triplek melamin dan lain lain. Kedua jenis alat ini juga merupakan modal untuk membuka usaha ketika pelatihan airbrush ini selesai.  Untuk membeli kedua jenis peralatan tersebut kami mendapatkan pinjaman dari donatur, pinjaman dana dari kenalan hingga kami harus mengadaikan surat kendaraan dari salah satu pengurus rumah baca.

Pada saat ini Rumah Baca “Teratai” telah memiliki 2 kompresor ( satu dalam kondisi baru yang kita beli sebesar Rp. 2.500.000,- dan satu dalam kondisi bekas yang memerlukan perbaikan sumbangan dari seorang kenalan yang sangat peduli dengan pergerakan rumah baca), dan 3 (tiga) spet airbrush dalam kondisi baru yang kita beli sebesar Rp.1.500.000,-.

Tujuan dari pengembangan usaha airbrush ini adalah untuk menuju kemandirian baik secara individu yang terliibat langsung maupun kelompok. Dari hasil yang diperoleh akan kami sisihkan sebagian yang pada nantinya akan kami pergunakan untuk beaya pergerakan selanjutnya. Rumah baca telah banyak membuat perlatihan dan kegiatan yang bersifat sosial dengan pendanaan secara swadaya.

Previous post

Aksi Sosial Peduli Bencana

Next post

Wokshop Citizen Jurnalisme

admin-web