Rumah Baca “Teratai” bekerja sama dengan TLC (Talent Language Club) dalam Program Pelatihan Bahasa Inggris sejak bulan April 2014. Pelatihan bahasa inggris ini dikhususkan kepada percakapan dalam bahasa inggris atau conversation. Beberapa volunteer dari TLC yang membantu kami di dalam melaksanakan program pelatihan bahasa inggris ini adalah Prihandika Jodi, Eszter Sotonyi dan Ngadiyo. Usia peserta sangatlah variatif, dari usia anak anak hingga usia dewasa. Pelatihan bahasa inggris ini dilaksanakan seminggu dua kali dengan menempati ruangan SD Dadapsari Sangkrah Solo.

Pada awal program ini berjalan, rumah baca teramatlah usianya masih muda sehingga segala bentuk kegiatan yang di kelolanya belum menemukan arah yang hendak di capai. Seluruh program dilaksanakan berdasarkan permintaan dari anggota rumah baca. Pada perkembangannya kebutuhan untuk menata ulang seluruh program program pelatihan sangatlah diperlukan mengingat untuk tujuan yang hendak dicapai dari masing masing kegiatan. Termasuk yang mengalami pola perubahan konsep pelaksanaan dari pelatihan bahasa inggris.

Dari pembicaraan dengan beberapa volunteer sehingga di sepakati untuk membuat sebuah konsep yang lebih terarah dan terukur sehingga pencapaian pencapaian dari pelatihan bahasa inggris bisa benar benar dirasakan oleh peserta pelatihan.

Beberapa perubahan konsep pelatihan bahasa inggris ini adalah: dibuatnya group umur untuk pelatihan bahasa inggris, group pertama usia anak anak atau peserta pelatihan yang masuk kategori ini adalah anak anak SD kelas enam kebawah. Group kedua adalah usia remaja dan dewasa, yang masuk dalam kategori ini adalah peserta pelatihan yang sudah SMP ke atas hingga usia dewasa dikelompokan menjadi satu group. Kesepakatan kedua adalah membatasi peserta pelatihan kelompok remaja dan dewasa hanya sebanyak 10 orang, hal ini ditempuh agar sistem pelatihan dapat diterima secara maksimal dan efektif sehingga peserta pelatihan bisa merasakan hasil dari pelatihan yang mereka ikuti.  Sedangkan untuk anak anak lebih kepada perkenalan bahasa inggris ke dalam permainan yang di sukai oleh anak anak. Setiap kelompok remaja dan dewasa akan menjalani pelatihan bahasa inggris secara rutin selama dua bulan, setelah selesai pelatihan peserta akan di arahkan kepada pembentukan club bahasa inggris. Club bahasa inggris ini sebagai wadah lanjutan di dalam belajar bahasa inggris sehingga keahlian peserta di dalam berbahasa inggris bisa di tingkatkan lebih baik lagi.

Previous post

Pelatihan Seni Karawitan

Next post

Aksi Sosial Peduli Bencana

admin-web