Pada bulan Januari 2014, Indonesia mengalami bencana alam di beberapa daerah. Beberapa tempat mengalami banjir bandang di Manado Sulawesi Selatan, banjir di Jakarta, banjir di wilayah pesisir utara pulau jawa, gunung meletus di Sinabung Sumatera, dan banyak lagi. Dari sekian tempat tersebut, kami memutuskan untuk membantu korban bencana di Menado Sulawesi Selatan. Selain banjir bandang juga di daerah Sulawesi Selatan dalam waktu bersamaan mengalami tanah longsor.

Kami mengadakan aksi di dua tempat sekaligus yaitu di kota Solo dan Yogyakarta pada hari Minggu tanggal 27 Januari 2014. Di Solo kami mengadakan di acara Car Free Day jalan Slamet Riyadi Solo dari jam 5 pagi hingga jam 9 pagi. Pada aksi jalanan yang kami beri nama “SOLODARITAS INDONESIA BERDUKA” di car free day tersebut kami mendapatkan support dari bapak Mayor Haristanto dengan memberikan lokasi aksi dan pendukung acara. Untuk aksi di kota Solo kami berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp. 800.000,-. Setelah selesai mengadakan aksi di kota Solo, kami secara rombongan menggunakan kereta api menuju kota Yogyakarta untuk mengadakan aksi lanjutan yang diadakan di perempatan lampu merah kilometer nol kota Yogyakarta pada jam 12 siang dan selesai pada jam 6 sore. Pada aksi yang kami beri nama “SOLIDARITAS UNTUK NEGRI”, rumah baca mendapat dukungan penuh dari Komunitas Slanker dan Reggae kota Yogyakarta. Dari aksi jalanan tersebut kami berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp 1.200.000,-. Hasil seluruh aksi dari dua kota tersebut kami satukan untuk kita sumbangkan sepenuhnya kepada korban bencana di Manado Sulawesi Selatan.

Dari hasil penggalangan dana di jalanan tersebut kami kumpulkan jadi satu dan kami belikan bahan bahan kebutuhan pokok seperti beras, mie instan, pembalut wanita, obat obatan untuk bayi, susu bayi, susu untuk ibu hamil, selimut, popok bayi dan lain lain. Selain bahan baku yang kami beli dari hasil aksi tersebut, kami juga mendapat sumbangan dari berbagai pihak pakaian pantas pakai segala usia. Untuk penyaluran bantuan kami bekerja sama dengan pihak AURI (Angkatan Udara Republik Indonesia) Lanud Adi Sucipto Yogyakarta. Kami diterima oleh bapak Mayor Penerbang Slamet Budiyono, S.Ag yang kemudian dibuatkan berita acara penerimaan bantuan. Proses serah terima bantuan untuk disalurkan oleh AURI Lanud Adisucipto Yogyakarta dengan diwakili oleh saudara Azir Alfanan, Aji dan Bambang. Selanjutnya pengiriman bantuan tersebut menggunakan pesawat hercules menuju Menado.

Tujuan kegiatan ini bagi anak anak Rumah Baca “Teratai” kampung Sangkrah Solo adalah untuk menumbuhkan rasa peduli terhadap sesama khususnya bagi yang terkena musibah. Ke depan kami tetap akan mengadakan aksi aksi kepedulian serupa sebagai wujud kepedulian kami terhadap sesama yang mengalami kesulitan.

Previous post

Pelatihan Bahasa Inggris

Next post

Pelatihan dan Pengembangan Kewirausahaan Airbrush

admin-web